Sep
02
2014

Stored Procedure di SQL Server

Stored Procedure adalah sebuah subroutine yang tersedia untuk aplikasi (desktop/web base) mengakses database relational, dimana stored procedure tersimpan di dalam sebuah database.

Sederhananya, Stored Procedure adalah sebuah fungsi yang di tanam di dalam sebuah database, contoh kalau biasanya kita menuliskan perintah- perintah SQL (insert/update/delete, dll) pada aplikasi kita, namun jika kita menggunakan stored procedure, semua perintah- perintah yang berhubungan dengan manipulasi database (insert/update/delete/dll.) kita tanam pada database, nah sedangkan aplikasi kita tinggal mengeksekusi stored procedure tersebut, dengan serta nilai- nilai parameter yang dibutuhkan.

Lalu kenapa menggunakan stored procedure ?  Penggunaan store procedure dalam sebuah pemrograman database memiliki beberapa keuntungan di antaranya adalah : Performance , Security , Modification/Maintenance , network security.

Dalam latiahan pertama kita , alangkah baiknya kita membuat Stored procedure yang paling gampang terlebih dahulu,

Stored Procedure Hello World..

CREATE PROCEDURE My_Sp
AS
BEGIN
PRINT ‘Hello World’
END

perintah CREATE PROCEDURE di gunakan untuk membuat stored procedure , Setelah itu kita mulai memasukkan logika kita antara syntax BEGIN dan END. Kalau kita sudah sangat familiar di C begin dan end ini fungsinya mirip dengan kurung kurawal buka dan tutup ({ }). PRINT ‘Hello World’ digunakan untuk menampilkan text ‘Hello World’. Setelah script tersebut dibuat, kemudian jalankan (tekan F5 di Microsoft SQL Server ) untuk menyimpan Stored Procedure dalam database.

Menjalankan/Memanggil Stored Procedure

EXEC My_Sp

Mengubah Stored Procedure

ALTER PROCEDURE My_Sp
AS
BEGIN
  PRINT 'Hallo Dunia'
END

Menampilkan Text Stored Procedure yang Sudah Dibuat

SP_HELPTEXT 'My_Sp'

Menghapus Stored Procedure

DROP PROCEDURE My_Sp

Contoh lainnya:

misalkan saya mempunyai data dari table MsStudent dan saya ingin menampilkan nama (StudentName) yang memiliki  akhiran “a ” , sebagai berikut :
AA
Membuat Stored Procedure :
cc
Memanggil /Menjalankan Stored Procedure
dd
Hasil
bb

 

Written by irvananda in: SQL | Tags:

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker. Zinsen, Streaming Audio