Aug
20
2014

Looping pada Java

Looping / perulangan adalah untuk mengulangi baris kode atau baris perintah.  Misal ada permasalahan demikian, Cetaklah kalimat Aku adalah Mahasiswa  sebanyak 1000 kali ?.Tentunya kalau kita mengetikkan manual perintah dengan System.out.println(“Aku adalah Mahasiswa”); sebanyak 1000 kali tidak efisien walaupun itu dianggap benar :D. Dari permasalahan tersebut, kita bisa gunakan sebuah perulangan untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat 😀

Perulangan di java dikategorikan menjadi 3 kategori, :

1. Perulangan FOR

Perulangan FOR digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah yang sudah diketahui pasti.

Syntax :

for( inisialisasi;kondisi;operator unary){

//Dalam blok for dibaca ketika kondisi bernilai benar

}

Keterangan :

inisialisasi = Diisi sebuah variabel dengan tipe data primitif numeric  yang dideklarasikan kemudian langsung diinisialisas.

kondisi = Kondisi hanya akan mempunyai dua niali yakni true dan false, anda juga bisa menentukkan kondisi menggunakan operator  pembanding.

operator unary = Dimana operator unary yang bisa digunakan yaitu increment dan decrement.

2. Perulangan While

Perulangan WHILE digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah yang belum diketahui pasti. Pernyataan pada WHILE akan dieksekusi setelah pengecekan kondisi pada WHILE bernilai TRUE.

Syntax :

while( kondisi){

//Dalam blok while dibaca ketika kondisi bernilai benar

}

keterangan :

kondisi = Kondisi hanya akan mempunyai dua niali yakni true dan false, anda juga bisa menentukkan kondisi menggunakan operator pembanding.

3. Perulangan Do While

untuk perulangan dengan jumlah yang belum pasti. DO akan dikerjakan lebih dahulu, disusul pengecekan pada kondisi WHILE. Hampir mirip dengan perulangan while tapi jelas beda, apa bedanya, cobalah sintak kode contoh-contoh perulangan maka anda akan mengetahui perbedaanya.

Syntax :

do{

//Blok ini akan dibaca kembali ketika kondisi dalam while terpenuhi

}while(kondisi);

Catatan :

Kode dalam sebuah blok perulangan akan selalu diulang-ulang dibaca ketika kondisi selalu bernilai benar. Jika anda membuat sebuah loop tanpa henti berarti kondisi dalam loop selalu bernilai benar.

Berikut contoh-contoh perulangan pada java :

Contoh Perulangan FOR :

for

Output :

outputfor

Mencetak Bilangan Ganjil :

ganjil

Output :

outputgan

Contoh Perulangan While

while

Output :

outputwhile
Contoh Perulangan Do While
dowhile

Output :
outputdowhile

Pernyataan Break dan Continue

Break Statement : Ada dua penggunaan keyword break, yaitu untuk keluar dari kendali percabangan switch, dan untuk keluar dari kendali perulangan. Dengan keyword ini berarti percabangan/perulangan akan diakhiri, kemudian eksekusi dilanjutkan ke pernyataan setelah blok percabangan/perulangan tersebut.

contoh :

breakstat

Output :

outputbreak

Continue Statement : Penggunaan keyword ini untuk segera lompat ke perulangan berikutnya. Pernyataan-pernyataan setelah keyword continue dalam blok perulangan saat itu berarti diabaikan / di lompatin .

Contoh :

continue

Output :

outputcontinue

Kita bisa lihat perbedaan dari Break dan Continue Statement dalam perulangan di atas , Break statement akan mengakhiri jika kondisi terpenuhi , sedangkan continue akan melompati/mengabaikannya . 😀

 

Written by irvananda in: Java | Tags:

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker. Zinsen, Streaming Audio